Jenis Penyakit Kulit dan Cara Alternatif Mengobati Gatal Alergi secara Alami

Kulit adalah salah satu bagian tubuh manusia yang begitu penting dan rentan. Sangat rentan dikarenakan kulit tersebut langsung berada dengan dunia luar langsung. Dilihat dari sudut pandang fungsinya tentu saja kulit manusia tersebut memiliki beragam fungsi.

Fungsi kulit merupakan untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, kulit juga bisa difungsikan sebagai mengatur suhu tubuh kita. oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan kulit setiap harinya.

Jangan pernah meremehkan kesehatan kulit kamu. Karena kulit begitu rentan terkena penyakit jika tidak dirawat dengan sungguh-sungguh. Kamu bisa terkena berbagai penyakit kulit yang sangat mengganggu. Berikut ini merupakan berbagai macam penyakit kulit yang diakibatkan karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan kulit.

Jerawat

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang paling banyak dialami oleh orang-orang, apalagi untuk anak muda yang telah beranjak ke masa pubertas. Jerawat tersebut disebabkan oleh kelenjar minyak yang sangat berlebih.

Kelenjar minyak ini itu bersentuhan langsung dengan pori-pori yang ada di bagian bawah permukaan kulit dari saluran yang disebut folikel. Pada saat folikel tersumbat inilah yang menjadi sumber terjadinya jerawat.

Dengan demikian, diperlukan perawatan yang intense agar bisa menghentikan serta juga terhindar dari jerawat tersebut. Salah satu bentuk perawatan yang cukup ampuh yakni dengan memakai obat herbal atau juga obat alami.

Obat-obatan herbal ini terkenal ampuh dan mempunyai efek buruk yang sangat sedikit, selain itu membersihkan wajah juga sebelum tidur dan ketika mandi. Bisa juga tetap menjaga wudhu demi wajah terus bersih dan sehat.

Eksim

Eksim ialah penyakit kulit jangka panjang. Eksim juga terkenal disebut dengan dermatitis atopic. Dampak yang umum jika terjadi eksim adalah kulit berasa gatal dan kering.

Bagian tubuh yang sering terjangkit eksim ialah wajah, lutut, siku, tangan serta kaki. Bahkan hingga saat ini belum ditemukan cara yang manjur untuk penelitian sebab dari penyakit eksim ini.

Biasanya dokter akan memberikan obat dan salep khusus untuk mengobati penyakit eksim ini. Sebelum memberi obat dokter akan mengdiagnosa dari riwayat medis penderita.

Penyakit Kulit Hypohidrosis

Penyakit Kulit Hypohidrosis atau juga anhidrosis adalah jenis penyakit kulit yang sangat jarang. Efek yang dirasakan dari penyakit ini ialah pengidapnya tidak akan dapat berkeringat secara normal. Pastinya penyakit ini begitu berbahaya dan sangat buruk dampaknya bagi penderita.

Sangat Banyak faktor yang dapat menjadi efek dari penyakit kulit ini, diantaranya faktor yang paling mempengaruhi adalah usia dan gangguan keturunan. Ada juga faktor dari luar seperti gangguan kulit dan juga saluran keringat yang tersumbat.

Terdapat beberapa gejala yang akan dirasakan bagi para penderitanya seperti panas, mudah letih, terlalu sedikit berkeringat padahal rutinitas banyak dan juga pusing.

Penyakit Kulit Kandidiasis

Penyakit ini diakibatkan oleh jamur candidia. Sangat banyak sekali jenis dari jamur candidia ini, tapi yang begitu banyak menyerang manusia ialah candidia albicans. Jamur ini bisa saja menyerang sisi tertentu yang ada di dalam tubuh manusia.

Bagian merupakan organ yang paling sering terjangkit penyakit tersebut. Faktor yang mengakibatkan terkenanya penyakit ini adalah sistem ketahanan imun yang sedang rendah. Berhati-hatilah untuk penderita diabetes karena sangat rentan terkena penyakit tersebut.

Necrotizing Fasciitis

Penyakit kulit Necrotizing Fasciitis ialah kulit yang terjangkit infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Necrotizing Fasciitis.

Bakteri Necrotizing Fasciitis yang menyerang merupakan streptococcus grup A. bermacam alasan yang menjadi sebab penyakit kulit tersebut adalah operasi bedah, luka yang tidak kunjung di tangani dan juga terjangkit benda yang sudah terinfeksi bakteri streptococcus grup A.

Rosacea

Banyak sekali penyakit kulit rosacea tersebut seperti papulopustular, eritema to telangiektasis, fimatosa serta ocular. Penyebab terjangkit penyakit tersebut adalah belum ditemukan secara pasti karena penyakit rosacea cukup langka terjadi.

Namun banyak yang menduga bahwa penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti iritasi pada kulit, terpapar sinar matahari, gelisah, stress, cemas dan juga perubahan cuaca.

Mata Ikan

Penyakit kulit mata ikan dijuluki juga dengan clavus, mata ikan adalah satu penyakit kulit yang cukup sering terjangkit pada kebanyakan orang. Mata ikan umumnya akan tumbuh di jari tangan, jari kaki dan juga telapak kaki.

Penyakit kulit ini diakibatkan oleh virus yang dinamai papillomavirus (hpv). Alasan yang menjadi sebab terkena mata ikan ialah gesekan secara berlanjut pada daerah yang terkena penyakit.

Kusta

Kusta kerap kali disamakan dengan lepra atau Hansen. Kusta ialah salah satu jenis penyakit kulit pada manusia yang cukup parah bila tidak segera disembuhkan dengan serius. Kusta atau lepra diakibatkan oleh bakteri mycrobacterium Leprae.

Penyakit ini sangat berbahaya karena bisa menular, entah itu menular dari manusia, menyebar dari hewan atau juga saat imun seseroang sedang turun.

Vitiligo

Vitiligo adalah penyakit kulit yang terbilang jarang. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat merusak pigmen kulit bagi para pengidapnya. Faktor yang dijadikan dampak penyakit vitiligo adalah penyakit kronis seperti diabetes, faktor genetika, terpapar matahari dan juga stress berlebih.

Hemangioma

Sebenarnya penyakit kulit hemangioma ialah salah satu macam kanker jinak yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan jaringan darah yang tidak normal. Bahayanya lagi, penyakit hemangioma ini bisa tumbuh sebelum bayi lahir, jadi bisa hidup ketika dalam kandungan.

Penyakit kulit tersebut merupakan semacam penyakti genetic, apabila ada salah satu keluarga terkena penyakt ini sangat mungkin keturunannya berpotensi juga infeksi. Beberapa faktor yang menjadi sebab penyakit ini selain turunan adalah bayi premature, faktor genetika, dan juga bayi perempuan lebih rentan terkena penyakit ini.

Campak atau Rubela

Campak adalah penyakit kulit yang sangat mudah terjadi pada anak-anak. Virus yang menjadi sebab terjangkitnya penyakit tersebut termasuk ke dalam jenis paramyxovirus. Penyakit campak bisa menular jika virusnya terhisap dan bisa juga dari air liur.

Gejala-gejala yang bisa terjadi jika terkena campak adalah demam, batuk, mata merah, timbul bercak dan flu. Maka dari itu sangat diperlukan untuk pemberian vaksin imunisasi bagi anak-anak.

Lupus

Lupus adalah penyakit kulit yang bisa juga merusak persendian, sel darah, jantung dan paru-paru. Lupus adalah penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga jaringan tubuh ini justru menginfeksi jaringan serta sel lain yang sehat.

Penyakit ini memang cukup sulit untuk di diagnosis karena gejala yang di didapati juga mirip dengan penyakit lainnya. Yang paling berbahaya penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian.

Lupus adalah penyakit yang tidak menyebar, biasanya akibatnya ialah kelelahan, sakit pada sendi. Penyakit kulit tersebut sangat banyak menyerang wanita berusia 15 sampai 50 tahun. Namun dapat juga menginfeksi anak-anak dan laki-laki.

Psoriasis

Psosiaris adalah penyakit kulit kronis yang dapat terjadi dalam jangka waktu panjang. Tingkat bahaya dari penyakit tersebut beda dengan penyakit kulit lainya. Mungkin saja pengidap tidak terkena dampak apa-apa tetapi penyakit tersebut muncul begitu saja.

Dalam keadaan normal, tubuh akan berubah dan juga memproduksi sel-sel kulit yang rusak dalam jangka waktu tertentu. Namun bila seseorang terkena penyakit ini menghabiskan proses penggantian kulit akan berjalan dengan cepat sehingga adanya penumpukan pada sel kulit mati.

Efek yang ditimbulkan jika terkena adalah kulit jadi tebal, ruam, kulit terkelupas dan juga kering bersisik. Penyakit psosiaris biasanya timbul pada siku, punggung dibagian bawah dan juga di sekitaran lutut.

Panu

Penyakit ini pasti hampir semua orang sudah merasakanya, walau tidak begitu parah namun penyakit tersebut sangat mengganggu sekali. Penyakit tersebut biasanya ditandai dengan adanya titik kecil berwarna putih dan rasanya sangat gatal.

Panu sangat mudah sekali penularannya, maka dari itu harus secepatnya di disembuhkan. Sisi tubuh yang sering terkena panu adalah tangan, kaki dan punggung. Penyakit tersebut dapat menular semua usia dan dapat juga menular pada orang lain.

Hives

Hives adalah penyakit kulit yang disebabkan karena alergi dalam makanan serta juga obat-obatan. Penyakit tersebut bisa disebabkan juga dari infeksi dan stress.

Hives biasanya ditandai dengan munculnya benjolan dan juga terasa gatal pada benjolan tersebut. Namun tenang saja, penyakit tersebut hanya sesaat dan akan hilang dengan sendirinya.

Impetigo

Impetigo ini biasanya akan menyebar anak yang berusia 2 hingga 6 tahun. Penyakit impetigo tersebut disebabkan oleh bakteri impetigo yang merasuk ke dalam kulit. Media yang menjadi penyebab bakteri impetigo masuk ini adalah luka, sengatan serangga dan juga gesekan/goresan.

Gejala yang di timbulkan ialah luka merah seperti jerawat. Tetapi luka tersebut lama kelamaan akan menghasilkan nanah dan beberapa hari akan berubah seperti kerak. Impertigo umumnya akan menyerang pada bagian lengan, kaki serta wajah. Obat yang begitu sempurna untuk penyakit tersebut adalah obat antibiotic.

Melanoma

Bila pada kulit kamu secara tiba-tiba muncul tahi lalat maka harus waspada, karena melanoma merupakan penyakit yang hampir seperti dengan tahi lalat. Orang awam memang akan cukup kesulitan untuk membedakan mana penyakit melanoma atau juga tahi lalat.

Melanoma biasanya mempunyai bentuk yang mengacak, warnanya bukan hitam atau coklat, lapisanya kasar dan juga diameternya akan semakin membesar.

Apabila pada kulit kamu muncul ciri-ciri yang telah disebutkan diatas dengan demikian segeralah periksakan ke dokter karena dikhawatirkan besar terjangkit melanoma. Melanoma dapat menjadi potensi terjadinya kanker kulit.

Tahap penyembuhannya pun tidak instan karena harus menjalankan operasi, kemoterapi, terapi biologi dan juga terapi radiasi.

Ruam

Ruam atau juga sering disebut sebagai dermatitis adalah penyakit yang menyerang wajah, siku, kaki, tangan dan juga bagian belakang pada lutut. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit ruam ini yakni kulit menjadi gatal dan juga kering.

Penyakit tersebut sering terjadi pada anak kecil, tetapi hal tersebut bukan berarti orang dewasa tidak bisa terkena penyakit ini.

Bisul

Bisul merupakan penyakit kulit yang cirinya dengan munculnya tonjolan merah dilapisan kulit dan akan berasa sakit apabila digaruk. Benjolan ini lama-lama akan terisi nanah. Penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri yang merujuk ke inflamasi pada lubang tempat keluarnya rambut.

Bagian tubuh yang paling kadang terkena bisul ialah bokong, bahu, leher, wajah, ketiak dan juga paha. Hal ini terjadi karena posisi tersebut sangat sering terkena gesekan-gesekan jika dibandingkan dengan tubuh lain.

Bisul bisa diobati dengan cara mengkompres dengan air hangat setiap tiga hingga lima kali setiap hari.

Kudis

Kudis adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh tungau. Efek yang dikeluarkan dari kudis adalah kulit berubah merah, gatal dan juga terindikasi infeksi sekunder. Waspadalah karena bayi juga dapat terjangkit penyakit ini.

Sisi tubuh yang paling sering terkena kudis adalah telapak tangan dan juga telapak kaki. Salah satu cara mencegah penyakit kudis adalah dnegan mandi setiap hari dan juga jangan lupa untuk mengeringkan anduk setelah selesai mandi.

Selain itu, cobalah untuk berjemur sekitar jam 9 pagi hingga jam 11 pagi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan memberhentikan siklus tungau. Bersihkan juga alas tidur dan juga sekitar rumah demi terbebas dari tungan.

Cacar Air

Cacar air bisa dikenal juga dengan julukan varisela. Cacar air biasanya tertular pada anak yang berumur 10 tahun dan orang dewasa juga bisa tertular penyakit tersebut. Jika orang telah tertular penyakit cacar air, dipastikan biasanya tidak akan terjangkit lagi.

Cacar air tersebut akan ditandai dengan keluarnya ruam pada kulit dan berubah menjadi bintik-bintik merah yang begitu terasa gatal. Bila bintik merah tersebut digaruk maka kulit akan mengelupas sehingga menjadi koreng dan mengering.

Tidak ada penanganan khusus dari cacar air tersebut, semua penyembuhan hanya agar mencegah efek yang terjadi saja.Terdapat dua macam obat yang biasa digunakan, yakni paracetamol untuk menurunkan panas dan lotion/salep untuk mengurangi rasa gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *